Jajanan Khas Bandung yang paling Terkenal

QINNANA
1. Serabi/Surabi Bandung

Serabi (kadang disebut Surabi) merupakan salah satu makanan khas kota Bandung. Surabi yang berasal dari kota Kembang ini berbeda dengan Surabi yang Berasal dari Solo, Jawa Tengah. Tampilan surabi yang berasal dari Bandung seperti yang ditunjukkan dibawah ini.
Karena Penjual mengikuti selera atau pesanan pengunjung, sekarang variasi dari surabi ini menjadi lebih banyak. Kawasan Setiabudhi merupakan salah satu tempat yang terkenal dengan Surabi Bandung.
Jika anda ingin berkunjung atau anda ingin menjadikan Surabi Bandung sebagai oleh-oleh, maka datanglah ke lokasi tersebut.

2. Batagor

Makanan yang satu ini merupakan jajanan/cemilan/oleh-oleh khas Bandung yang banyak ditawarkan seantero Bandung. Beberapa tempat terkenal untuk memborong makanan yang satu ini yaitu Batagor Kingsley, Batagor Riri, Batagor Abuy, dan lain-lain.
Jajanan yang satu ini paling enak dihidangkan selagi hangat.

3. Cireng

Kata Cireng adalah singkatan dari 'Aci Goreng' yang merupakan makanan yang sangat terkenal dari asal kota Bandung. Sekarang telah banyak mengalami perubahan variasi dari segi rasa atau bentuk. Dulunya cireng ini hanya berisi sambal oncom. Berbeda dengan sekarang yang terbuat dari berbagai rasa seperti keju, ayam pedas, kornet, sapi panggang dan lain-lain.

4. Mie Kocok Bandung

Mie Kocok adalah makanan yang berbahan dasar mie kuning dan tauge yang diberi kuah panas dari kaldu kaki sapi. Jika anda pecinta pedas dengan menambahkan sambel maka rasa mei kocoknya akan terasa lebih sempurna.
Mie ini disebut mie kocok karena pengolahannya yang diaduk layaknya dikocok.

5. Basreng

Makanan ini juga merupakan jajanan khas kota Bandung. Basreng adalah singkatan dari 'Baso Goreng' tepatnya Baso yang diolah dengan cara digoreng. Jika anda memesan makanan ini jangan lupa juga dengan bumbunya.

6. Seblak

Seblak adalah makanan khas Bandung yang berbahan dasar dari kerupuk rebus dan dicampur dengan racikan bumbu pedas. Rasanya sedikit renyah dan gurih dan sedikit berkuah. Bisa ditambh dengan sambel jika anda pecint rasa pedas. Ada 2 macam jenis Seblak yaitu Seblak Kering dan Seblak Basah.

7. Siomay

Makan yang satu ini mungkin sudah banyak yang mengenalnya atau telah mencicipinya. Siomay adalah makanan Khas Bandung yang masak dengan cara dikukus. Untuk penyajian makanan ini berbagai macam, ada yang dengan sayuran seperti kol, pare, kentang, tahu, dan lain-lain. Semuanya itu diolah dengan cara dikukus.

8. Cilok

Cilok adalah singkatan dari 'Aci di colok' merupakan jajanan khas Bandung. Sesuai namanya, Cilok berbahan dasar tepung Aci. Cara pembuatannya tidak begitu susah, Aci yang di adoni dengan bahan lainnya di bentuk bulat dan biasanya di isi dengan berbagai bahan tambahan. Untuk Cilok yan besar biasanya di isi dengan Telur rebus.

9. Lotek

Lotek merupakan makanan khas Bandung yang hampir sama dengan pecel. Secara umum, lotek terasa lebih manis dari pecel. Makanan ini terbuat dari rebusan sayur segar dan disiram dengan sambel kacang. Lotek ini dapat disajikan dengan Lontong atau Nasi hangat dan disertai dengan Kerupuk.

10. Peuyeum

Peuyeum adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari Singkong yang direbus kemudian diberi ragi, sehingga terfermentasi dan rasanya manis, asem dan beralkohol. Makanan ini sering dijadikan oleh-oleh dan anda bisa menemukan jenis makanan ini di tempat toko oleh-oleh Bandung.

11. Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional sunda merupakan minuman khas Bandung, jawa barat. Minuman ini dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh. Biasanya minuman ini disajikan pada saat cuaca dingin, seperti pada saat hujan atau pada malam hari.
Bahan dasar Banrek ini adalah Jahe dan gula merah. Bahan lin juga dapat ditambahkan seperti susu, ini bisa disesuaikan sesuai selera pembeli.

12. Bandros

Bandros adalah jajanan khas Kota Bandung yang berbahan dasar tepung terigu yang diadoni dengan santan kelapa lalu imasak di atas cetakan yang cekung dengan taburan kelapa parut. Makanan ini lebih enak disajikan selagi masih hangat.