Observatorium Bosscha Teropong Bintang Bandung

QINNANA

Observatoruim Bosscha merupakan fasilitas penelitian astronomi tempat peneropongan bintang. kegiatan utama observatorium bosscha adalah penelitian dan pendidikan. Observatorium Bosscha berlokasi di Lembang, Bandung Utara Jawa Barat.
Namun, Observatorium Bosscha ini sudah tidak dimanfaatkan lagi sebagai alat untuk meneropong bintang-bintang luar angkasa. karena kawasan disekitar Observatorium Bosscha ini sudah banyak dijadikan pemukiman penduduk sehingga intensitas cahaya yang diterima teropong menjadi berlebih sehingga teropong ini tidak lagi berfungsi untuk melihat benda-benda angkasa.


Observatoruim Bosscha merupakan tempat penelitian dan pendidikan dan tempat wisata Bandung. anda bisa mengajak anak anda untuk datang langsung menyaksikan indahnya pemandangan benda benda luar angkasa, seperti  bulan dan bintang. Observatoruim Bosscha yang berbentuk kubah merupakan tempat penoropongan bintang tertua di indonesia.

untuk berkunjung ke tempat ini, pastikan anda sudah mengetahui tentang waktu kunjungan Observatoruim Bosscha. jangan sampai anda sudah jauh jauh ke tempat ini ternyata Observatoruim Bosscha tidak buka.waktu berkunjung ke tempat ini ada 2 macam, waktu kunjungan siang dan waktu kunjungan malam.


Kunjungan Siang
Pengunjung bisa mengunjungi Ruang Multimedia dan Teropong Zeiss Besar (tidak meneropong).
Pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp.15.000,-/orang

Hari selasa s/d jumat: hanya menerima kunjungan dari sekolah/instansi/organisasi (tidak menerima kunjungan perorangan/keluarga).
minimal 200 peserta.


Hari sabtu: hanya menerima kunjungan keluarga/perorangan
tidak menerima kunjungan dalam jumlah besar (>20 orang).

Kunjungan Malam
Pengunjung bisa mengunjungi Ruang Multimedia dan Teropong Zeiss Besar serta meneropong di Teleskop Bamberg dan Unitron.
Pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp. 20.000,-/orang

Program kunjungan malam dibuka pada waktu tertentu saja.

Selain Observatorium Bosscha, masih banyak tempat wisata yang ada di daerah Lembang, bagian Bandung Utara, seperti Gunung Tangkuban Perahu, Floating Market, De Ranch, Sari Ater, Dusun Bambu, dll.
informasi lebih lanjut silahkan hubungi kontak yang tertera.